Searching...
Sabtu, 28 April 2012

Memulai ngBlog Dengan Hobi

Warna pink di seantero blog
sittirasuna.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa apapun yang berdasarkan hobi akan terasa ringan ketika dijalani, sekalipun itu pekerjaan yang melelahkan. Hal ini juga berlaku dalam dunia blogging, banyak blogger yang gagal ditengah jalan karena aktivitas ngBlog bukan bedasarkan hobi, tapi karena ikut-ikutan karena pada saat itu lagi demam ngBlog dilingkungannya.

Aktivitas blogging bagi sebagian orang adalah aktivitas yang buang-buang waktu, tapi tidak bagi orang tertentu yang sukanya berbagi, dengan berbagi kita akan mendapatkan kepuasan yang tak ternilai harganya. Melalui hobi kita (yang kadang tidak disadarinya) hobi tersebut telah banyak memberi manfaat bagi orang lain, lebih-lebih di internet yang jangkauannya lebih luas, yaitu blog.

Memulai ngBlog berdasarkan hobi sebenarnya tidaklah terlalu sulit, jika anda suka mengutak-atik software apa salahnya jika anda memposting trik-triknya di blog pribadi agar orang bisa mengambil manfaat dari hobi anda tersebut. Dan jika anda suka jalan-jalan yang tak ketinggalan (pasti) menuliskannya dalam bentuk diary apa salahnya jika pengalaman itu diposting di blog agar bisa dibaca orang di seluruh dunia ini.

Seprti blognya Sitti Rasuna Wibawa ini yang isinya berdasarkan pengalaman sendiri, dan itu cukup memuaskan bagi pengunjung blognya, hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui menjadi tahu lantaran hobinya Sitti Rasuna Wibawa yang kemudian diposting di blog itu. Seperti jalan-jalan ke museum, tempat-tempat yang dia singgahi, bahkan warung (yang pernah dia sinaggahi) yang menunya cukup mengecewakan dan sudah menjadi rekomendasi bagi kita untuk tidak makan di warung itu agar tidak mengalami kekecewaan seperti yang dialami Sitti Rasuna Wibawa.

Kesan pertama ketika pembaca yang baru berkunjung ke blog ini akan mengatakan bahwa blog ini tidak serius, karena bahasanya yang terkesan bertele-tele dan tidak to the point. Tapi terlepas dari kejenuhan membaca tulisan di dalam blog itu (bagi sebagian kecil pembaca) bahwa itu adalah kelebihan yang tidak dimiliki blogger lain, ini adalah ciri khas yang semestinya dieprhatahankan. Tapi jika anda sudah mulai mengenal blog ini, jangan salahkan jika anda akan mulai ketagihan membaca postingan-postingan "renyah" Sitti Rasuna Wibawa, apalagi postingan itu adalah pengalaman pribadinya yang secara empiris tak terbantahkan.

Tulisan model ini secara eksplit memang tidak memberi manfaat bagi pembacanya, tapi anda akan memperoleh banyak pengetahuan jika anda membaca postingannya sampai selesai dan kemudian memikirkannya sejenak sambil tersenyum kecil karena saat membaca terselip pragraf dengan unsur humor kental. Maka, yang seperti inilah kadang lama bertahan diingatan pembaca.

Dari sekian banyak keunikan blog sittirasuna ini, ada sedikit "masalah" (mungkin ini bagi Sitti Rasuna Wibawa adalah hal biasa) yang terletak di postingannya, ya, postingannya "melorot" tanpa "read more". Ini merusak pemandangan pengunjung blog ketika ingin lebih banyak melihat postingan yang ada dalam blog sittirasuna ini. Karena melewati proses "older post" yang bagi sebagian pembaca internet hal itu adalah sesuatu yang membosankan.

Bagi netter yang suka hal-hal unik sepertinya anda tidak akan rugi jika berlangganan kunjungan ke blog ini (khususnya) ketika ada postingan baru. Anda akan menumukan hal-hal unik sekaligus dokumentasi original pengelola blog ketika mengunjungi suatu tempat. Tapi anda jangan pernah bosen ketika suatu saat anda disiguhi postingan yang menurut anda agak GJ (gak jelas) gitu, seprti tulisan berjudul "Lupa Makan", postingan itu seperti update satatusnya ababali (ABG Labil), udh gitu lengkap dengan foto close up makanannya. Sitti Rasuna Wibawa, paece... :)


*) Catatan: 
Kendala, hal tersulit dalam review kali adalah mencari nama asli 
dari pengelola blog sittirasuna.com ini. Akhirnya pencarian itu berakhir 
di blognya mbak Nurmayanti Zain, blogger asal Makassar, Sulawesi Selatan 
yang kebetulan juga mengulas (ini Linknya) blog sittirasuna.com.

12 comments:

  1. Ehhh?
    Aku kaget banget gak pernah mampir sini eh mampir sini ada review blogku. Makasihhhh T.T
    Aku sangat senang...
    Dan memang, postingan Lupa Makan itu aku akui postingan paling maksa yang pernah kutulis, hahaha. Eh tapi ada yang bikin postingan gara-gara baca postinganku :p *membela diri*

    Hihihi oiya kalau aku pribadi kok lebih suka dijlentrekin sampe rampung postingannya, gak enak ngeliatnya kalau readmore @_@
    Aku pribadi sih gitu hihi :D
    Makasih ya, peace juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh unaaa ^^ postinganku bermanfaat kan =P
      ajang referensi tuh :) fufufufufuf
      masyaAllah..

      Hapus
    2. hal-hal teknis dalam blog (seperti read more, dll) memang kembali ke masing-masing blogger, bukannya tiap pribadi itu berbeda dalam segala hal??
      asalkan jangan berhenti ngBlog gara-gara "read more"
      hehehe

      Hapus
    3. @Nurmayanti Zain : buat mbak, terima kasih banyak karena sudah menjadi referensi terpercaya dalam penulisan review ini :)

      Hapus
  2. kunjungan perdana.. Wah oke juga postinganya banyak memberi masukan, thank you sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga sudah sudi berkunjung ke blog sederhana ini, semoga bermanfaat..

      Hapus
  3. hihihiy blog si wedus di review kembali disini, ini mah blog tenar sob, banyak banget yang ngeriview doi, saya pun pernah ngeriview nya lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob...
      seperti yang kamu bilang (review) Blogger (ini memang) Jempolan

      Hapus
  4. saya juga ngeblog berawal dari hobi dengan topik topik yang ada di blog saya sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat sobat..
      pasti ada manfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain berkat aktivitas blogging ini

      Hapus
  5. Ngeblog untuk berbagi
    menjadi ruang ekspresi
    pastilah bisa berarti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog juga bisa membuat kita lebih berarti
      Oleh karena itu mari kita ciptakan konten berkualitas berhasa Indonesia di blog-blog kita

      Hapus

 
Back to top!