Searching...
Minggu, 18 Desember 2011

Guru Masa Depan Seorang Blogger

Blog Sederhana Seorang Guru
aseps21.com - Kesadaran menulis dikalangan akademisi, khususnya para guru masih kurang. Apalgi menulis di Internet yang merupakan sarana penyebar luas ilmu pengetahuan secara bebas yang di miliki guru tersebut. Melek internet pun guru-guru di Indonesia masih belum bisa dikatakan banyak, apalagi guru-guru di pedesaan atau di sebuah madarasah yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Dengan menulis, secara tidak langsung seorang guru telah memberikan contoh baik kepada muridnya, apalagi seorang guru tersebut sampai mempunyai blog dan diupdate secara berkala dengan tulisan-tulisan berkualitas. Ini telah mengampanyekan gerakan internet sehat di lingkungan akademis, memanfaatkan internet untuk kebutuhan belajar dan saling berbagi ilmu pengetahuan.

Guru yang mempunyai blog setidaknya akan ditiru oleh siswanya. Lagi-lagi secara tidak langsung guru tersebut telah mengajak siswanya untuk menggunakan internet secara peositif dan dipergunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Inilah yang tak banyak disadari oleh guru-guru di Indonesia. Guru-guru di Indonesia masih sekedar mengajar - pulang, mengajar - pulang tanpa ada inovasi kedepannya. 

aseps21.com adalah blog pribadi seorang guru bernama Asep Sanaul Zaman yang sering blogwalking di kanal blog vivanews.com dan selalu memberikan komentar disetiap blog yang ditayangkan di vivanews.com. Blog ini masih sederhana tapi isinya sangat berbobot. Ulsan-ulasannya cukup mendalam dalam suatu tema yang diangkat. Mulai dari aktivitas keseharian yang diulas secara ilmiyah, hingga semacam penelitian kecil-kecilan dengan banyaknya membaca referensi yang ada di internet.

Salutnya lagi buat mas Asaz ini, setiap kali artikel yang ditulisnya terdapat beberapa kutipan, beliau selalu mencantumkan sumber referensinya. Jadi tidak terkesan copy paste, kesan ilmiyahnya selalu ditonjolkan dalam setiap penulisannya. Inilah contoh guru yang mau belajar dan tidak arogan dalam menulis sebuah artikel. Ini menunjukkan bahwa setiap apa yang beliau tulis adalah hasil membaca.

Sejauh ini, guru si pengelola blog ini sangat semangat dalam mengembangkan blognya. Sepertinya setiap hari beliau selalu blogwalking disetiap blog yang beliau jumpai. Meski kesibukan mengajarnya cukup menyita waktu, tapi beliau selalu menyempatkan diri untuk ngeBlog. Seakan beliau ingin membuktikan, bahwa sesibuk apapun tak ada alasan buat tidak ngeBlog.

Harapan terbesar saya, blog ini terus dikelola dengan baik dan content-content ilmiyah (yang ada didalam blog  aseps21.com) ini haruslah dipertahankan. Ini akan menjadi inspirasi bagi guru lain di seluruh Indonesia untuk berbagi ilmu lewat internet. Semakin banyak guru yang terinspirasi untuk ngeBlog, maka pamanfaatan internet untuk kebutuhan edukasi di Indonesia akan semakin mudah, karena banyaknya content-content berhasa Indonesia yang berkualitas.

12 comments:

  1. keharusan yang lebih baik...
    jadi jgn bs berbicara ttg blog, kalo blom p blog...kabuuurrrrr :D

    BalasHapus
  2. eh keduluan juragan beben...
    memang dalam gaya tulisan serta isi postingan sangat di perlukan..dan klo copas jangan lupa jg alamat hasil copasnya...hehhee kaburr :D

    BalasHapus
  3. salah satu bentuk penyampaian pendidikan adalah blog. jadi perannya sangat besar jika benar-benar dimanfaatkan.

    BalasHapus
  4. @Beben Koben : benar sekali itu gan... tapi jangan asal main kabut gitu aja
    hehehehe..

    @al fakir : itu memang sudah menjadi kewajiban bagi penulis yang baik agar tidak dituduh plagiator

    @Admin : semoga hal ini cepat terlaksana, dan guru-guru di Indonesia segera sadar akan pentingnya memanfaatkan media blog sebagai alat edukasi.

    BalasHapus
  5. ahahahah betul tuh pak asaz kyknya seorang guru dari suatu smk di garut yaa..
    artikel saya juga terkadang suka dikomentari sama dia, sebentar lagi juga dia komentar disini.
    pad admin juga kyknya pas asaz deh :D

    BalasHapus
  6. salut untuk satu guru ini, dedikasinya untuk dunia pendidikan tidak hanya dituangkan di sekolah, tapi juga di blog, namun masih banyak sob para guru yang memiliki pengetahuan minim tentang komputer atau internet, apalagi kalau guru yang lama berada di daerah, jadi peran siapa yang harus dilibatkan, :)

    Follow sukses ...

    BalasHapus
  7. @JIMMY : kita patut bangga, masih ada guru yang berjuang demi majunya pendidikan Indonesia (lewat penyediaan artikel berkualitas di blognya) ditengah curat marutnya politik negeri ini sehingga nasib para guru terbengkalai, alias tidak terjamah oleh pemerintah.

    @Stupid monkey : inilah bukti tidak suksesnya pemerataan pendidikan di Indonesia sob. Dimana-mana masih terjadi ketimpangan, apalagi kalo persoalannya sudah menyangkut teknologi. Gerakan Internet untuk desa dari pemerintah masih belum ada sosialisasi.

    Kalau tanya soal peran siapa, tentunya peran pemerintah daerah, seperti kepala desa dan kecamatan. Nah... ketika bicara soalnya desa, masalahnya lebih kompleks lagi. Lah wong mayoritas kepala desa sekarang tidak tahu apa itu teknologi. Ini terbukti di kampung saya sendiri sob. Kepala desa saya, taunya cuma HP. :D

    BalasHapus
  8. salam kawan aku baru bisa on line, baru beres periksa hasi ujian, sangat tersanjung sekali dan terima kasih kepada teman-teman sesama blogger,atasw supportnya, khusus kepada admin revew situs sudah berkenan mereview situs saya

    BalasHapus
  9. Cukup satu kata aja Mas Ajiez "MANTABS"

    BalasHapus
  10. @Azas : sama-sama
    semoga semangat itu tetap berkobar dan semangat berbagi di dunnia maya tetap terjaga dengan baik, sehingga terciptanya Indonesia yang cerah di masa depan.

    @Mukhlis : terima kasih mas..
    :)

    BalasHapus
  11. maaf meluluskan di posting tertulis AZAS(hukum) mohon di edit seharusnya ASAZ(Asep Sanaul Zaman) singkatan, hehehe maklum sekarang kan nama orang musim disingkat, misal, Jupe, DP,BP, KD,PS. JK,SBY dst...hehehe

    BalasHapus
  12. Asaz : untuk di postingan sudah di ganti pak guru, tapi kalau yang di comment tidak diganti, soalnya tidak bisa diedit.
    maaf agak lama konfirmasinya...

    BalasHapus

 
Back to top!