Searching...
Sabtu, 05 Mei 2012

Inilah Surabaya yang Sesungguhnya

Tampilan Blognya Sederhana
irsannewwaver.blogspot.com - Surabaya bukan cuma kota industri, tetapi juga menyimban banyak "aset" luar biasa seperti Gang Doli dan tempat prostitusi lainnya, dan itu sudah lebih dari cukup untuk bisa mengangkat nama Subaraya di mata publik Indonesia (apalagi masyarakat kita masih doyan jika sudah menyangkut urusan-urusan lendir). Surabaya menyimpan banyak misteri yang diselimuti oleh tebalnya fatamorgana kehidupan. 

Inilah yang mengundang penasaran para peneliti, dari peneliti kelas teri hingga kelas atas, bahkan peneliti abal-abal sekalipun kadang silau dengan gemerlap kota Surabaya untuk ikut menelusuri "indahnya" kehidupan Surabaya, atau bahakan mereka yang cuma sekedar ingin tahu kehidupan glamor Surabaya (juga ikut-ikutan nimbrung). Penelusuran tanpa disertai dokumentasi (sepertinya) dirasa sia-sia saja, karena akan hilang begitu saja.

Tapi (ternyata) blogger mampu menjawab problem dokumentasi tersebut, lebih-lebih blogger yang hobi menulis. Hal inilah yang dilakukan oleh saudara Achmad Irsan Farohi mahasiswa PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Blogger satu ini cukup teliti dalam mengamati hiruk-pikuk kota Surabaya, dari segala hal yang "ditangkapnya" kemudian di posting di blog pribadinya.

Terkait masalah Surabaya yang begitu kompleks itu, ternyata Achmad Irsan Farohi mampu menghadirkan informasi tentang Surabaya dari sudut berbeda, sudut pandang yang tak terjamah oleh orang Surabaya sekalipun. Penyajian dalam blog ini cukup kompleks, mulai dari hal-hal sepele tentang Surabaya hingga kehidupan Surabaya yang hedonis mendapat sorotan tajam, seperti dalam tulisannya yang berjudul "Bangunan yang Merusak Wajah Surabaya".

Setiap sudut Surabaya mampu menciptakan inspirasi untuk dituangkan dalam bentuk tulisan, mungkin seperti itulah yang selalu terngiang dalam benak blogger yang satu ini. Kejeliannya dalam menangkap hal-hal sederhana menjadi informasi yang menarik untuk dibaca tercermin dari isi blognya yang beragam ini, contohnya bisa anda baca pada postingannya dengan "Tipografi di Sudut-sudut Urban". Dilengkapi dengan dokumentasi gambar-gambar yang sebenarnya mudah sekali ditemui di kota Surabaya.

Ditangan Achmad Irsan Farohi gambar-gambar sederhana itu menjadi informasi yang layak konsumsi bagi pembaca blognya. Dan (sepertinya) dia selalu ingin menunjukkan kepada seluruh Nusantara bahwa inilah Surabaya sekarang, Surabaya yang mulai kehilangan jati dirinya, Surabaya yang mulai memandang sebelah mata aset-aset sejarah yang semestinya dilestarikan guna memupuk rasa nasionalisme dalam dada. Akhirnya, mau dibawa kemana Surabaya?

Tapi disisi lain si empunya blog ini mencoba menghadirkan informasi yang berimbang tentang Surabaya, tentang aset potensial Surabaya, tentang tempat wisata Surabaya yang semestinya menjadi kunjungan wajib bagi turis-turis lokal dan internasional. Anda bisa membaca di tulisannya yang berjudul "Amazon di Wonorejo", "Rumah Hantu Darmo" (rumah kosong yang seluruh keluarga meninggal secara tragis), dll. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda eksplorasi sendiri blog ini jika ingin mengetahui banyak hal tentang Surabaya sekaligus tempat-tempat wisatanya. Anda akan mendapatkan gambaran secara nyata tentang Surabaya, karena disetiap tulisannya dilengkapi banyak gambar sebagai pendukung.

Selamat membaca, selama menjelajahi kota Surabaya (lewat internet) yang penuh keruwetan. Blog ini semestinya menjadi bacaan wajib petinggi Surabaya yang sudah punya pengaruh dalam pengambilan kebijakan untuk wilayah Surabaya. Atau mungkin untuk orang-orang Surabaya sendiri yang dengan kekayaannya selalu bersikap arogan, agar bisa mengaca diri seperti apa kota yang ditinggalinya.

8 comments:

  1. wah akhirnya bisa pertamax wehehehehe ..
    wah blogger yang banyak inspirasi yah dia sob keren ..

    dari sudut pandangnya saja sudah berkualitas pemikirannya ^ ^ ..
    kapan lagi ada blogger yang peduli dengan daerahnya sendiri ^ ^ ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah kok ada malwarenya yah ? T_T....

      Hapus
    2. Iya sob,, saya juga tidak mengerti. Padahal sebelum-sebelumnya ketika saya berkunjung ke blog itu tidak ada malware-nya, bahkan kemarin waktu saya eksplorasi blog ini untuk di review juga aman-aman saja.
      Saya tadi juga buka dari google tetap ada peringatan malware-nya.

      ko' jadi gini ya..???

      Hapus
  2. wah mungkin ada yang iseng atau bagaimana yah itu hmmmm..
    awalnya bisa setelahnya tidak bisa dibuka T_T

    BalasHapus
  3. terimakasih buat adminnya revtus udah ngeriview blog saya :)

    maaf, emang tempo hari blog sy ada malware nya, tapi udah bisa kuk berkat mbah google, trims sekali lagi ya :))

    ijin copas review ini di blog sya, triims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas
      tetap semangat ngBlog (dengan kontek berkualitas) dan tunjukkan bahwa itulah Surabaya yang sesungguhnya (meski terkadang pahit untuk dilontarkan) :)

      dengan senang hati, silahkan di copas :)

      Hapus
  4. blognya sangat inspiratif....
    banyak diselingi dengan fotooo
    http://nyem2nyem.blogspot.com/

    BalasHapus

 
Back to top!