Searching...
Sabtu, 21 Juli 2012

Blog Bukan Cuma Tempat Curhat

Template dengan krakter cewek
elfridachania-words.blogspot.com - Blog yang dulu ditujukan sebagai teman pribadi seseorang dalam menumpahkan keluh kesahnya di internet belakangan ini sudah mulai berbah fungsi menjadi lahan basah yang menggiurkan bagi siapa saja yang niat mencari penghasilan lewat blog. Bahkan beberapa bloger Indonesia sukses secara finansial berkat blog yang di monetize.

Tapi tidak dengan sudara kita elFrida Chania, blog masih tetap menjadi teman setia dalam mencurahkan isi hati, diary online. elFrida Chania sering memposting hal-hal privasi didalm blognya, dengan bahasa layaknya remaja sekarang, kalimat yang dirangkai pun tak jauh-jauh dari pernak-pernik kehidupan sekolah dan kehidupan layaknya wanita lainnya.

Di era jejaring sosial ini memang jarang sekali remaja mau membuat blog dan kemudian konsisten memperbaharui atau merewat blognya dengan postingan berkala. Bagi kebanyaka remaja, jejaring sosial lebih tepat menjadi pilihan karena bisa berekspresi bebas seperti apapun, termasuk menirukan isak tangisnya dalam bentuk tulisan dan kemudian update status di facebook.

Padahal blog juga bisa demikian, hanya saj blog lebih idealis dan secara psikologis si admin dituntut membuat tulisan minimal 3 atau 5 pragraf untuk bisa memperbaharui blognya (meski itu bukanlah aturan baku). Tidak seperti jejaring sosial yang bebas mau menulis berapa karakter pun.

Kembali ke blogger 'bau kencur' elFrida Chania dengan blog sederhananya. Memang tidak seperti blogger dewasa lainnya yang ketika sebuah blog tujuannya untuk menulis opini mengkritisi semraut kehidupan, sosial, dan negara atau untuk berbisnis online, dll. elFrida Chania adalah remaja sekolah yang tampak kepolosan keluguannya lewat blog pribadinya.

Ia memposting segala sesuatu yang pernah ia rasakan, termasuk tidak kerasan di kelas barunya juga menjadi bahan tulisan blognya. Tapi tidak semua isi blognya berisi hal-hal galau seperti itu, masih ada beberapa hal bermanfaat bagi pembaca remaja, seperti review film atau musik kesukaan dia.

Tapi jangan terkecoh dengan postingan dia remaja banget itu. Karena setiap tulisa yang di postingan mendapat banyak respon dari netter Indonesia, pembacanya pun bukan cuma remaja tapi juga banyak dari kalangan orang-orang dewasa, yang kadang menyelipkan petuah dalam mengomentari tulisan elFrida Chania.

Dalam satu kesempatan dia juga mengadakan kuis kecil-kecilan dengan hadiah koleksi VCD kesukaan dia. Selain itu, cara ngBlog elFrida Chania sudah mulai dewasa, tampak akhir-akhir ini postingannya mulai mengarah kepada hal-hal positif bagi orang lain, seperti postingan yang berjudul Belajar Online di Khan Academy juga postingan-postinga sebelumnya gaya penyampaiannya (uraian kalimatnya) sudah cukup lumayan.

Remaja yang masih bisa dikatakan labil dan mudah terkontaminasi dengan lingkungan sekitar tapi masih konsisten dengan tindak (ngBlog) yang telah diambil sejak awal perlu mendapat aprsesiasi agar dia tetap konsisten dalam 'semangat berbagi'nya. Dan semoga kedepannya elFrida Chania lebih semangat lagi dalam menyajikan tulisan-tulisan berkualitas yang bisa menggugah, mengispirasi, dan memberi semangat bagi pembacanya. Semoga...!

5 comments:

  1. Wah, makasih atas reviewnya.. Dengan baca review ini, aku jadi makin termotivasi untuk rajin blogging lol xD


    Maaf baru bisa komen sekarang hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke
      tetap semangat ngBlog y. ..

      dan teruslah memberi konten yang bisa bermanfaat bagi orang lain :)

      Hapus
  2. Wah-wah...
    ini dia nih anggapan segelintir orang yg tak mengerti blog..
    Ane sependapat ama pendapat mu ini gan...

    Blog bukan diary ato tmpat curhat doang.. Kalau gak ada blog mgkn google jga gak bkal tenar dan semua artikel yg ada di google jga kebanyakan dri blog...

    Hidup blogger ..

    BalasHapus
  3. hak setiap orang mau nenggunakan blog utk apa saja selama bisa dipertanggungjawabkan...bebas-bebas saja ;p


    having a baby at 40

    BalasHapus
  4. blog penting untuk menjual sesuatu hal, terutama IDE

    renovasi rumah

    BalasHapus

 
Back to top!