Searching...
Minggu, 26 Februari 2012

Satu Tutorial Bisa Menghidupi Keluarga


Desainnya persis tulisan tangan
indaam.com - Satu lagi yang bikin saya kagum dengan seniman-seniman Indonesia, mereka yang tidak menunjukkan diri ke publik, tapi sudah berkecinpung di dunia internasional dalam bidanyanya. Seperti mas Indam ini, mungkin kebanyakan dari pengguna internet yang tidak mengenali nama itu. Tapi kalau anda sering berkunjung ke situs tutorial java script di hongkiat.com, anda akan sering menemui nama itu. Karena memang dia sudah menjadi penulis tetap di hongkiat.com.

Mas Indam sendiri adalah seorang web desainer yang aktif menulis tutorial desain web di situs luar negari. Pilihan ini karena lebih menguntungkan bagi mas Indam sendiri, karena di Indonesia ilmu-ilmu seperti itu tidak ada harganya. Sementara orang-orang diluar sana begitu menghargai ilmu semacam ini. Bisa kita bayangkan, waktu pertama kali mas Indam menawarkan tutorial pertamanya langsuang dihargai $100 oleh hongkiat.com, tapi sama mas Indam dinaikkan menjadi $120, itupun tetap saja disepakati oleh pihak hongkiat.

Setelah melihat desain blog mas Indam ternyata pihak hongkiat kepincut dengan desain blognya mas Indam dan memintanya menjadi penulis tetap di hongkiat. Ini suatu keistimewaan tersendiri. Apalagi honornya cukup untuk menghidupu keluarga. Harga diatas bisa saja naik kalau kualitas tutorialnya lebih berkualitas. Karena (biasanya) situs-situs luar negari menghargai ilmu (tutorial) berdasarkan tingkat kerumitan dari suatu tutorial yang dibuat penulisnya.

Oke, sekarang kita lihat-lihat blognya mas Indam. desain didominasi warna putih dan selipi warna-warna pensil menjadi ciri khas blog mas Indam. Jika kita menilai sekilaspun, kita kana berpikiri bahwa blog ini dikelola orang dengan pengetahuan java script yang cukup mumpuni. Desainnya seperti lukisan yang dilukis menggunakan tangan manusia.

Lain tampak depan, lain pula tampak dalamnya, itu kesan pertama ketika anda mengunjungi blognya mas Indam setelah mengklik judul yang disodorkan di halam depan blognya. Ketika kita mengklik judulnya, kita akan dibawa ke dalam blognya dengan menonjolkan warna putih, tapi diselipi dengan warna hijau, beda sekali dengan tampilan depan blognnya.

Tapi bagi kami, bukan hanya tampilan itu saja yang menjadi keutamaan dari blog ini, lebih dari itu adalah kesediaan mas Indam membagikan pengalamannya secara rinci mengenai dunianya, yang hal itu dapat kita ambil manfaatnya. Juga mas Indam membagikan tutorial secara gratis di blognya. Tentunya tutorial java script dengan sederet kode yang membingungkan (bagi yang awam coding).

Terakhir, selamat mengunjungi blog indah mas Indam. Bagi anda yang suka otak-atik java script blog anda atau sudah cukup falimiar dengan jelimetnya baris-baris coding, blog mas Indam sangat pas untuk menjadi rujukan dalam memanbah ilmu dan bisa membaca pengalaman-pengalaman mas Indam untuk mejadi motivasi bagi kita agar terus tetap berkarya meski negara kita tak pernah selesai dan selalu disibukkan dengan perkara korupsi.

4 comments:

 
Back to top!